Variable dan Methode di Java (Terjemahan dan Repost dari blog gw yg laen.)

Hi guys, ini repost dari blog gw yg dalam bahasa inggris:

Hi guys, setelah gw pikir2. gw rasa gw bakal gunain blog gw buat nulis tentang programming dan java. kenapa java? ya karena gw seneng programming pakai java dan java itu API gratis. Jadi itu memudahkan gw belajarr java tanpa halanagan…  kalau kamu ada tertarikan untuk belajar java dan OOP bisa baca di sini. Programming java musti mengunakan OOP ato object oriented programming. Tetapi pada java versi yg baru mulai ada system fuctional yg akan di bahas d laen kesempatan. Pada OOP, nilai atau struktur suatu variable akan disimpan pada suatu wadah yg disebut object. Pada saat gw programming biasanya akan mengunakan banyak variable dan perhitungan matmatika untuk membuat suatu algoritma.

Selain object, ada juga variable. pada dasarnya di java ada dua macam variable. pertama primitive variable dan non-primitive variable. Primitive variable adalah variable yg memiliki sifat atomic dan tidak dapat di pisahkan menjadi type variable lain yg lebih kecil. Macam2 primitive variable adalah boolean, int, char, long, dan byte. (Catatan: di java ada juga class yg memiliki nama sama seperti variable tersebut. sebagai contoh: Boolean. Dan mereka harus di tulis dengan huruf besar pada huruf pertamanya!) Dan non-primitive variable adalah suatu variable yg terdiri dari kumpulan variable2 kecil atau primitive variable dan dia bisa berupa stucture suatu algorithma atau suatu kelas.  Perbedaan yg paling besar adalah pada primitive variable itu nilai defaultnya adalah nol atau zero. dan pada non-primitive itu nilai awalnya null atau kosong. Pada variable primitive itu ada dua moditifier: unsigned dan sign. pada sign itu nilainya akan memiliki  nilai negative dan positive. tetapi pada unsigned itu adanya cm nilai positif tapi keuntungannya adalah nilai maksimalnya jadi dua kali lipat.

Berikutnya adalah method untuk menhitung atau melakukan data processing. ada beberapa macam konfigurasi pada suatu method. modifikasi pertama adalah accessibility dari method tersebut terhadap object2 yg lain. ada beberapa keyword untuk itu: (kosong), public, protected, dan private. Kalo di sana kita pasang kosong berarti itu kita mengunakan default. dimana methode tersebut setiap non-subclass dan object di project tersebut bisa mengunakan tapi seluruh ekosistem java yg laen tidak dapat mengakses methode tersebut.pada keyword public, itu memperbolehkan semua individu di dunia java dapat mengakses dan mengunakan methode tersebut. berikutnya protected keyword, itu berguna untuk membuat methode tersebut hanya dapat di diakses dari semua kelas, paket, dan subclass tapi tidak seluruh java environment.

Segini dulu untuk post hari ini… gw akan coba tulis lebih banyak lagi pada post berikutnya. kalo ada yg salah tulis atau ada yg bisa di improve, boleh kirim email ke gw. jd gw bakal update post ya….

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s